POTENSI DAN KESEMPATAN UNTUK TERLIBAT DALAM PENGINJILAN

GIDI memiliki banyak potensi dan kesempatan dari anggota jemaatnya untuk terlibat dalam penginjilan seperti: memberi, mendoakan dan pergi menginjili.

Tetapi mungkin semua orang tidak akan pergi, memberi atau berdoa sebab zaman ini adalah orang bisa memilih dan orang berharap agar ia ditempatkan diri di bagian yang ia suka atau yang paling cocok dengan pengalamannya, karunianya dan waktunya.

Dari sejumlah potensi yang ada itu saya mau mendorong jemaat untuk melihat potensi besar yang kita punya bagi pekerjaan missi sbb:

1. MOBILIZASI PERAN SERTA KAUM AWAM (MISSIONARIS PROFESIONAL)

Kaum awam adalah menurut penjelasan bapak Herlianto7 dalam tulisannya yang berjudul, “Peran serta Kaum Awam dalam pertumbuhan gereja” halaman 117-119: menjelaskan bahwa kaum awam adalah Umat Allah yang tidak memiliki jabatan kependetaan, penginjil atau dalam agama Islam sebagai ulama atau cendekiawan. Maka apabila kita melihat di dalam gereja tentu kita memiliki potensi kaum awam yang sangat banyak. Mereka ini memiliki potensi financial, intelektual, propesional dan juga teologikal dan kalau itu bisa dikembangkan dapat merupakan kekuatan pelayanan ke depan yang luar biasa.

Contoh: 1. Kita ada anggota jemaat yang memiliki gelar sarjana hukum, doktorandus, insinyur, dan lain sebagainya tetapi dalam pemanfaatannya diterapkan sebagai majelis jemaat, mengatur administrasi, dan rapat-rapat gereja atau komisi-komisi.

Kita butuh kaum intelektual untuk memikirkan dan memberikan kontribusi bagi pelayanan gereja di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi dan keuangan, lingkungan hidup, sosial kemasyarakatan yang harus dilandasi dengan kebenaran Firman Allah.

Contoh: 2. Kita memiliki potensi kaum profesional, baik pengusaha, pejabat-pejabat yang merupakan potensi. Namun sampai saat ini kita manfaatkan tenaga mereka, uang mereka dengan salah. Sebab pendeta, penginjil atau gembala jarang ada di tengah ruang rapat para eksekutif atau legislatif namun para profesional ada disana. Karena itu mereka kita siapkan untuk menjangkau orang-orang di tingkat atas dan ditingkat bawah dengan Injil Yesus Kristus.

Untuk itu dalam rangka mempersiapkan mereka ini gereja perlu memikirkan dan programkan untuk: Membuat Sekolah Alkitab Malam (SAM) bagi kelompok tersebut atau kebaktian rutin seperti PUKAT, Intelektual , pembekalan dll.

2. MOBILISAZI PERAN DAN POTENSI KAUM WANITA DALAM PROGRAM MISSI

Bertolak dari budaya kita di Papua ini gereja pun masih terbawa dengan faham bahwa wanita/istri atau ibu sering di pandang sebagai pelengkap suami saja. Tetapi apabila kita melihat peranan dan aktivitas kaum wanita sungguh memiliki peranan penting bagi pelayanan dan penginjilan. Karena itu GIDI mulai berfikir untuk bagaimana manfaatkan potensi wanita serta memberi kesempatan yang seluas-luasnya dalam pelayanan tanpa menguranggi tanggung jawab yang diberikan oleh Tuhan sebagai ibu, istri. Karena panggilan untuk memberitakan Injil juga ditujukkan kepada wanita dan tidak ada kelompok yang lebih penting dalam pelayanan pekerjaan Tuhan. Sejarah perkembangan gereja membuktikan andil dan peran serta kaum wanita dalam berbagai bidang pelayanan yang telah memajukan pekerjaan Tuhan.

3. MOBILIZASI POTENSI PEMUDA/I DAN ANAK REMAJA UNTUK MENJADI PENGINJIL DAN MISSIONARIS MASA DEPAN.

Untuk kelompok ini sejak dini kita perlu menyiapkan kader-kader dengan pola Timothius. Sebab sampai saat ini banyak pemuda yang masuk Sekolah Teologi tanpa membangun kehidupan pemuda tersebut. Lebih banyak presentasi dan informasi disampaikan kepada generasi muda pada semua tingkat agar mereka mulai menyiapkan diri, berdoa, mendengarkan suara Tuhan yang memanggil mereka.

Khusus anak remaja dan Sekolah Minggu, Departemen Missi bekerja sama dengan Departemen Pemuda dan Departemen Anak dan Remaja membuat satu program bersama untuk menginjili mereka dan mengajar mereka mendukung program Missi dengan uang mereka, doa mereka dan cita-cita mereka.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: