SEKARANG YANG MENENTUKAN!

“Memang dahulu kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalah
terang di dalam Tuhan. Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang
(Ef. 5: 8).”

Tidak ada kata yang menguatkan, memberi semangat selain sekarang. Kata ini menunjuk pada perubahan dan keharusan untuk mempertahankannya. Kata ini mendorong siapapun untuk dengan bersegera membenahi diri melangkah dalam pemajuan. Kata ini sekaligus menjadi pembeda dari kehidupan masa lalu yang kelam menjadi hidup yang penuh potensi dan bermakna. ♥

Dalam bahasa Yunani kata sekarang berasal dari kata de. Kata ini dipakai untuk mendahului sebuah saat yang sangat berarti (John Avant, Kehidupan yang sesuai dengan pikiran Allah, hal. 35). Perhatikan nats diatas, keterangan waktu yang dipakai ”dahulu” dan ”sekarang.” Dahulu menujuk sesuatu – bersifat masa lampau yang buruk – sedangkan sekarang, kehidupan yang harus dipertahankan yang adalah kebaikan. Sekarang menunjuk kepada perubahan! Sekarang menunjuk sesuatu yang wajib dipertahankan secara kuat. Dan, sekarang merupakan hasil peralihan dari buruknya masa lalu yang disadari.

Namun, kata sekarang memiliki dimensi arti yang berbeda. Bisa menunjuk kepada hal positif tetapi juga negatif. Disamping kata ini sering dipakai membandingkan kehidupan lama dengan kehidupan baru yang lebih baik, kata ini juga memberi penekanan terhadap kehidupan yang tidak progresif. Dahulu pengkhianat sekarang tetap sama. Dahulu pencuri, pencemooh, penggosif, tetapi sekarang masih sama. Aku masih seperti yang dulu! Bagaimana hidup Anda “dahulu” dan “sekarang”?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: